XYHT_-pYZnRrkHEO8HJ84WER1qU Reaktor Nuklir Fukushima, Efek Gempa dan Tsunami di Jepang | dhimaz of pangeran-kancil
Adsense Link 728 X 15;

Reaktor Nuklir Fukushima, Efek Gempa dan Tsunami di Jepang

Posted by dhimas agung haryadi 2011-03-15 2 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Jarak Aman Radiasi Nuklir PLTN Fukushima Naik Jadi 30 Km
Betapa dahsyatnya Gempa di Jepang yang menyebabkan Tsunami yang super dahsyat. Namun tak hanya sampai sini penderitaan rakyat Jepang. Akibat dari Tsunami tersebut Reaktor Nuklir di Jepang Meledak satu per satu dan membahayakan rakyat Jepang akibat efek yang ditimbulkannya. Masih ingatkah peristiwa Chernobyl di Ukraina?? sungguh dampak dan efek yang sungguh mematikan dari radiasi Nuklir tersebut. Dan sekarang Jepang harus mengalaminya di tengah musibah Gempa dan Tsunami yang menimpanya. Reaktor Nuklir Fukushima ini meledak Efek Gempa dan Tsunami di Jepang

Reaktor nuklir di PLTN Fukushima Daiichi, Jepang, meledak lagi. Ledakan berasal dari reaktor nomor 3.
Asap tampak membumbung dari PLTN tersebut. Badan Nuklir Jepang mengkonfirmasikan ledakan tersebut terjadi di reaktor nomor 3 di reaktor nuklir Daiichi di Fukushima, seperti dilansir dari Reuters, Senin (14/3/2011). Namun ledakan itu tidak sampai merusak tempat reaktor.

"Sebuah ledakan baru yang mengguncang kompleks reaktor nuklir Daiichi tidak merusak pabrik reaktor nomor 3," ujar operator reaktor nuklir Fukushima, Tokyo Electric Power Co, kepada kantor berita Jiji Press yang dilansir Reuters.

Operator sebelumnya menghentikan injeksi  air laut ke dalam reaktor untuk mendinginkan suhu yang overheating, sehingga menyebabkan kenaikan tekanan dan tingkat radiasi. Pemerintah telah memperingatkan bahwa ledakan bisa terjadi karena penumpukan hidrogen di bangunan reaktor.

Jarak aman radiasi dari PLTN Fukushima meningkat akibat ledakan ketiga hari ini dari sebelumnya 20 Km menjadi 30 Km. Pemerintah Jepang pun mengimbau warga yang tinggal dalam radius itu untuk tetap tinggal di dalam ruangan.

"Warga dengan jarak antara 20-30 Km dari reaktor harus tetap tinggal di dalam ruangan," ujar Perdana Menteri Jepang Naoto Kan seperti dilansir dari Reuters, Selasa (15/3/2011).

"Sejumlah besar radiasi bocor dari area tersebut. Kami melakukan upaya maksimal untuk mencegah ledakan atau kebocoran materi radioaktif," imbuh Kan seperti dilansir dari Wall Street Journal.

Kan meminta warganya agar tenang menghadapi situasi ini dan menegaskan kembali pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah kebocoran radiasi nuklir.

Reaktor yang meledak ini adalah unit 2. Sedangkan kabakaran terjadi di reaktor unit 4. Fukushima Daiichi (Fukushima No 1) memiliki 6 reaktor yaitu unit 1 hingga 6.
Ledakan Terjadi Lagi di PLTN Fukushima, Asap Membumbung 
Ledakan pada unit 2 ini itu menyebabkan atap wadah reaktor hancur. Uap pun membumbung memenuhi reaktor. Pemerintah Jepang mengatakan dua ledakan sebelumnya tidak sampai menimbulkan kerusakan wadah reaktor.

Sementara tingkat paparan radiasi terpantau meningkat 4 kali lipat setelah ledakan itu.
"Tingkat radiasi terbaca pada pukul 08.31 meningkat menjadi 8.217 microsievert dalam 1 jam, dari 1.941 mikrosievert pada 40 menit sebelumnya," ujar operator PLTN Fukushima Daiichi, Tokyo Electric Power Co.

Pemerintah Jepang mengatakan tingkat radiasi bisa mencapai 1 juta mikrosievert atau lebih sebelum menyebabkan penyakit akibat paparan radiasi.
Semoga peristiwa di jepang yang telah menelan korban jiwa setidaknya lebih dari 10.000 nyawa ini negara yang terkenal dengan teknologinya sangat canggih bisa menjadi pelajaran bagi kita bahwa setinggi dan semaju apapun teknologi yang dimiliki tak akan mampu melawan kemarahan alam.
Sayangilah alam kita rawat dan lestarikan.



Adsense Content. bottom of article

2 komentar:

jaka mengatakan...

makasih gan tentang infonya dan salam sukses

tejo mengatakan...

terimakasih bos infonya dan salam sukses

Poskan Komentar

berbagi ilmu berbagi wawasan berbagi hidup