Tentang Balck Box Atau Kotak Hitam

Tentang Balck Box Atau Kotak Hitam

Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi – umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.
Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.
Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.
http://alfredoelectroboy3.files.wordpress.com/2012/05/black-box-interior.jpg?w=520&h=378
Asal Penemuan
Terdapat berbagai versi dalam penemuan kotak hitam atau alat perekam dalam dunia penerbangan. Terlebih lagi ketika kecelakaan pesawat terbang, seringkali pesawat hancur sehingga sulit dicari sebab kecelakaan tersebut. Hal tersebut mendorong Dr.David Warren, seorang ahli ledakan, membuat alat yang dapat merekam semua informasi sebelum terjadi kecelakaan.
Idenya diambil dari sebuah alat tape recorder yang berukuran saku, dan disain dibuat di Australia, untuk dilanjutkan menjadi alat yang merekam semua arus komunikasi dalam penerbangan. Alat ini ini bisa merekam suara pilot dan semua data yang diterima dari 8 alat yang berbeda. Semua data ini bisa dipisah dan menghasilkan data yang akurat tentang penyebab kecelakaan. Alat ini kemudian dirancang untuk digunakan dalam perawatan dan pemeliharaan pesawat. Sehingga diketahui bagian mana yang mengalami tekanan.
Alat rekaman ini kemudian dimasukkan dalam kotak baja yang kuta untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat. Kotak ini kemudian dilapisi asbes tahan api sehingga kabel-kabelnya tidak ikut rusak karena panas.
Masalah lain adalah ketika kekhawatiran pembicaraan para pilot selama penerbangan tersiar ke masyarakat umum dan disalahgunakan. Untuk mengatasi ini, dibuatkan komputer khusus yang disambungkan ke perekam. Dengan bantuan grafik, bisa dihasilkan gambar dari setiap kejadian.
http://alfredoelectroboy3.files.wordpress.com/2012/05/30qokpng.jpg?w=458&h=333
Asal istilah
Red Egg
Istilah kotak hitam muncul ketika sellepas pertemuan mengenai perekam penerbangan komersial pertama yang dinamai “Red Egg” karena warna dan bentuknya, seseorang berkomentar: “Ini adalah kotak hitam yang menakjubkan”. Kotak hitam adalah istilah yang lebih humoris dan hampir tidak pernah digunakan dalam industri keselamatan penerbangan.Perekam ini secara umum tidak berwarna hitam, namun biasanya oranye terang (lihat gambar) karena ditujukan agar mudah dicari dan ditemukan setelah terjadi suatu insiden.
http://www.sindoradio.com/uploads/news/resize2/blakbok1.jpg
Box-of-tricks
Asal alternatif untuk istilah ini adalah dari terminologi RAF ketika Perang Dunia II. Selama periode inovasi elektronik baru pada 1940-1945, benda seperti Oboe, GEE dan H2S dipasang pada pesawat (biasanya pesawat pengebom) secara rutin. Purwarupanya ditutupi kotak besi buatan dan dicat hitam untuk mencegah pemantulan. Setelah beberapa waktu, barang elektronik “baru” apapun disebut sebagai “kotak trik” (box-of-tricks) atau “kotak hitam” (black box). Ekspresi ini meluas hingga masa penerbangan sipil setelah perang dan akhirnya penggunaan secara umum.
Pengembangan Teknologi
Alat perekam dalam penerbangan ini, Flight Data Recorder (FDR) atau Cockpit Data Recorder (CDR), umumnya menggunakan pita perekam selayaknya kaset pada tape recorder. Namun perkembangan baru, kini telah digunakan FDR atapun CDR yang merekam menggunakan chip memory khusus.
Ketika terjadi insiden 11 September 2011 yang dikenal dengan 9-11, muncul usulan dari pihak keselamatan penerbangan agar kokpit persawat dilengkapi dengan Video Data Recorder yang merekam aktivitas dan situasi pilot saat penerbangan termasuk menit-menit terakhir dalam kecelakaan untuk melihat situasi sebenarnya.
CARA KERJA

CVR merupakan seluruh data percakapan di dalam ruang kocpit baik percakapan pilot dengan co pilot maupun dengan bandara pengawas. Sedangkan FDR mencatat seluruh data penerbangan pesawat, mulai dari ketinggian pesawat, kecepatan, tekanan kabin, temperatur udara diluar, kinerja mesin, dll.
Kotak hitam yang di perkenalkan pada tahun 1960 an. Kala itu sistem perekam kotak hita berupa pita magnetik yang cara kerjanya mirip tape recorder tempo dulu. Di era 1990 pita magnetik digantikan dengan Solid-state Technology yang menggunakan chip memori untuk merekam data.
Cara kerja Solid-state Technology
Data dari FDR dan CVR disimpan di memory boards di dalam crash-survivable memory unit (CSMU) – pelindung black-box1memory yang berbentuk silindris. Dengan alat ini lebih dari 700 macam parameter data dapat disimpan.
Seluruh data yang dikumpulkan oleh sensor sensor di pesawat terbang di kirim ke flight-data acquisition unit (FDAU) yang terletak di hidung pesawat. FDAU inilah sebagai perantara sebelum data di simpan dalam kotak hitam.
Itulah sebabnya mengapa setiap ada kecelakaan pesawat terbang, kotak hitam inilah yang di cari oleh investigator, karena data-data terakhir sebelum terjadi kecelakaan terekam dalam kotak hitam ini. Biasanya data-data di dalam kotak hitam (black box) ini dirahasiakan oleh penyelidik karena berbagai alasan.
Spesifikasi Umum:
  1. Perekam Data Penerbangan
  2. Mencatat waktu: 25 jam terus menerus
  3. Jumlah parameter: 18 – 1000 +
  4. Dampak toleransi: 3400Gs / 6,5 ms
  5. Tahan api: 1100 degC / 30 menit
  6. Air tekanan perlawanan: 20.000 kaki terendam
  7. Underwater locator beacon: 37,5 KHz; baterai memiliki umur simpan dari 6 tahun atau lebih, dengan 30-hari
  8. kemampuan operasi pada saat aktivasi
Perekam suara kokpit:
  1. Mencatat waktu: 30 menit terus menerus, 2 jam untuk solid state unit digital
  2. Jumlah saluran: 4
  3. Dampak toleransi: 3400Gs / 6,5 ms
  4. Tahan api: 1100 degC / 30 menit
  5. Air tekanan perlawanan: 20.000 kaki terendam
  6. Underwater locator beacon: 37,5 KHz; baterai memiliki umur simpan dari 6 tahun atau lebih, dengan 30-hari
  7. kemampuan operasi pada saat aktivasi
Catatan :
Rancangan kotak hitam modern sudah diatur oleh sebuah kelompok yang disebut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). ICAO menentukan informasi apa kotak hitam harus mencatat, lebih dari apa yang jangka waktu sudah disimpan, dan bagaimana survivable harus kotak.
Para delegasi ICAO banyak tanggung jawab ini kepada Organisasi Penerbangan Sipil Eropa Tetap (EUROCAE) yang menangani dokumen yang disebut Minimum Spesifikasi Kinerja Operasional Crash Airborne Sistem Perekam Dilindungi.
Spesifikasi Pesawat SUJU 100 ( SUper Jet sUkhoi 100 )

Spesifikasi Pesawat SUJU 100 ( SUper Jet sUkhoi 100 )

 http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Pesawat-Sukhoi4567.jpg

Nama pesawaat Sukhoi sudah menjadi trade merk berkualitas, pesawat sukhoi buatan Rusia sangat ditakuti oleh musuh-musuhnya, karena pesat tempur sukhoi ini sangat canggih, sebanding dengan pesawat F-16 buatan negara paman Sam, Namun nama besar Sukhoi harus kandas dengan jatuhnya pesawat superjet 100 sukhoi, yang akan di jual ke maskapai yang ada di Indonesia, Jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di gunung Salak Bogor, saat melakuakn uji coba penerbangan meninggalkan banyak duka dan  tanya, terhadap kelayakan dan teknologi yang dimiliki pesawat kebanggan Rusia ini.

Perusahaan "Sukhoi Sipil Aircraft" (SSU), bagian dari Induk Perusahaan "Sukhoi", dibentuk tahun 2000 untuk menciptakan model baru pesawat sipil. Pesawat Sukhoi sipil ini juga memiliki cabang di lokasi manufaktur utama. Saat ini perusahaan mempekerjakan lebih dari 1.500 karyawan.
Kegiatan utama adalah pengembangan GHS dan pembuatan pesawat terbang sipil, serta pemasaran mereka, penjualan dan layanan purna jual. Saat ini, proyek utama perusahaan adalah keluarga baru dari Rusia pesawat Sukhoi daerah Superjet 100.
Keluarga itu terdiri dari dua pesawat penumpang 75 dan 95 kursi dalam konfigurasi dasar - SSJ100/75B dan SSJ100/95B - dan diperpanjang - SSJ100/75LR, SSJ100/95LR.

Proyek Sukhoi Superjet 100 ini sendiri merupakan kerjasama antara Sukhoi dengan Alenia Aeronautica, sebuah perusahaan penerbangan Italia yang merupakan anak perusahaan raksasa industri penerbangan dan pertahanan, Finmeccanica.
Sukhoi Superjet 100 solusi terbaik mengintegrasikan pesawat modern. Direncanakan akan disertifikasi baik oleh Rusia dan standar internasional.
Seperti diketahui, karakteristik teknis dan operasional Sukhoi Superjet 100, memberikan keunggulan kompetitif dan potensi ekspor yang tinggi dari produk.
Volume pasar untuk pesawat dari 1040 pesawat dihargai hingga 2027, sementara permintaan yang diproyeksikan untuk pesawat kelas ini pesawat mencapai 6100-2027

Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini sendiri merupakan pesawat terbaru buatan Rusia. Spesifikasi Mesin Sukoi Super jet Pesawat ini sendiri didukung mesin SaM146 turbofan baru dan dikembangkan oleh PowerJet ini merupakan satu-satunya jenis pesawat komersil yang dibuat oleh Sukhoi.
Dari segi kapasitas, pesawat ini dibagi menjadi dua jenis, yakni kapasitas, 70 orang dan 98 orang. Adapun Jarak tempuh yang dapat dicapai Sukhoi Superjet 100 kapasitas 98 kursi adalah 3.279 kilometer dan 4.620 kilometer untuk versi Superjet 100-95LR.

Kecepatan maksimal pesawat yang diproduksi perdana pada 2007 itu adalah 0,81 mach (992,29 kilometer per jam) dengan ketinggian terbang maksimum 12,5 kilometer. Sedangkan berat maksimum yang dapat ditahan ketika ‘take-off’ 38.8 ton, 35 ton ketika mendarat, dan berat kosong 9,13 ton.
Pesawat Sukhoi komersial terbaru ini melakukan terbang perdana pada 19 Mei 2008. Pesawat ini memiliki dimensi panjang 26,44 meter, tinggi 10,283 meter, dan lebar sayap 27,80 meter.  Pesawat yang dikendalikan oleh dua pilot itu membutuhkan landasan dengan lebar 1,803 kilometer untuk terbang.

Khusus untuk Desain Interior dalam Pesawat Sukhoi Superjet 100, kabin pesawat superjet 100 kelas bisnis terdiri dari empat kursi dalam satu baris dan kelas ekonomi terdiri dari lima kursi dalam satu baris. Dimensi lebar kabin pesawat 127,48 inci (3,22 meter), ketinggian kabin 2,12 meter, dan jarak lebar antar kursi 18,31 inci (0,47 meter).

Pesawat Terbang Sukhoi Superjet 100 Spesifikasi dan Teknologi memiliki fitur sistem kontrol elektronik ‘fly-by-wire’ yang dapat menambah dan mengurangi gigi untuk pendaratan, selain sistem rem sebagai kestabilan pesawat ketika mehanan berat.
Penerbangan komersial pertama dengan pesawat ini dilakukan sekitar bulan April 2011 oleh Armavia dan menyusul Aeroflot di tahun yang sama.

Berikut Supplier Pesawat Sukhoi Superjet 100

Avionics : Thales
Control Systems : Liebherr
Environmental control system : Liebherr
Landing gear : Messier Dowty
Fuel System : Intertechnique (Zodiac)
Interior : B/E Aerospace
Fire protection sytem : Autronics (Curtiss Wright)
Oxygen system : B/E Aerospace
APU : Honewell
Crew seats : Ipaco
Hydraulic system : Parker 
Tragedi SUJU 100 ( SUper Jet sUkhoi 100), 4 Kejanggalan Kecelakaan SUJU 100

Tragedi SUJU 100 ( SUper Jet sUkhoi 100), 4 Kejanggalan Kecelakaan SUJU 100

 http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Penumpang-Sukhoi2345678.jpg

Jakarta Sukhoi Superjet (SSJ) 100 hilang kontak dengan Air Traffic Control Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Rabu (9/5/2012) dan ditemukan serpihannya pada hari Kamis ini di Gunung Salak. Banyak kejanggalan pada joy flight penerbangan SSJ-100 ini.

Rute Joy Flight

Kejanggalan ini diungkapkan pengamat penerbangan Samudera Sukardi, yang juga mantan petinggi Pelita Air. Joy flight yang dilakukan pesawat Sukhoi Superjet100 dari Bandara Halim Perdanakusuma, melewati rute Pelabuhan Ratu yang melintasi wilayah pegunungan yang gelap. Hal ini dinilai tidak lazim karena biasanya joy flight dilakukan pada rute yang lebih terang, yakni melintasi wilayah laut.

"Untuk joy flight seharusnya mengambil rute Krakatau, melewati wilayah laut yang terang. Tapi ini melewati Pelabuhan Ratu, melewati wilayah pegunungan yang gelap," ujar pengamat penerbangan, Samudera Sukardi, saat dihubungi detikcom, Rabu (8/5/2012) malam.

Samudera menuturkan, joy flight atau penerbangan demonstrasi biasa dilakukan di atas wilayah laut yang terang. Baik pesawat jenis besar, sedang, hingga kecil, seperti Bombardier dan Cessna Caravan, selalu melintasi wilayah laut.

"Selama ini, joy flight belum pernah ke arah situ. Selalu lewat wilayah laut," tuturnya.

Nah, siapa yang mengizinkan rute joy flight yang janggal itu?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menguraikan garis besar perizinan pesawat asing bisa terbang di Indonesia. Ada 2 prosedur untuk itu.

"Untuk terbang di wilayah udara Indonesia ada 3 instansi yang mengeluarkan izin. Kemenlu untuk diplomatic clearance, Kemenhan untuk security clearance dan Kemenhub untuk hak angkut dan teknis pesawat," jelas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan.

Nah untuk Indonesia dan Rusia, kedua negara sudah memiliki Airworthiness Bilateral Agreement. Artinya, mengakui sertifikasi yang dikeluarkan penerbangan sipil masing-masing negara.

"Hal ini menjadikan dasar hak angkutnya," jelas dia.

Kemudian saat prosedur tersebut sudah dilalui, prosedurnya kemudian perusahaan penerbangan, dalam hal ini perantara Sukhoi, PT Tri Marga Rekatama dan pihak Sukhoi harus mengajukan flight plan ke Air Traffic Service (ATS) yang mengatur lalu lintas udara. Flight plan ini ada 2, yang satu diserahkan ke ATS dan satunya dibawa pihak pilot.

"Kan harus disetujui dulu (oleh ATS) baru dibawa. Kalau dia nggak bawa dia mau terbang ke mana," jelas Bambang masalah perizinan ini juga akan diinvestigasi oleh KNKT.

Kemenhub menegaskan belum mengeluarkan sertifikat layak terbang standar Indonesia bagi pesawat Sukhoi Superjet 100. Alasannya pesawat buatan Rusia tersebut memang belum resmi didatangkan oleh para maskapai dan belum akan dioperasikan di Indonesia secara komersial.

"Kalau ada permintaan, kita akan menguji, sekarang ini kan masih tahap promosi," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Ishaful Hayat kepada detikFinance, Kamis (10/5/2012)

Di satu sisi, PT Tri Marga Rekatama mengakui bahwa rute itu atas permintaan pilot Sukhoi sendiri. "Itu atas permintaan penerbangnya. Di antara penerbang itu juga kan ada dari kita, sudah hafal rute," jelas Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama, saat dihubungi detikcom, Kamis (10/5/2012).

Jadi, rute itu pun tidak serta merta diputuskan mendadak. Rute itu sudah didiskusikan lebih dahulu. Para penerbang ini juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait.

Sunaryo juga memastikan Alexander Yablontsev, Pilot In Command (PIC) telah mengetahui medan Gunung Salak. "Oh dia tahu karena sebelum berangkat, dia mempelajari map dari rute penerbangan," kata Sunaryo dalam jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Izin Turun ke 6 Ribu Kaki

Pesawat SSJ-100 ini hilang kontak setelah 21 menit lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusumah, tepatnya pada pukul 14.33 WIB. Saat hilang kontak, ATC di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menerima permintaan dari pilot untuk turun dari ketinggian 10 ribu kaki kepada 6 ribu kaki.

"Baru melaporkan akan turun itu, belum (diizinkan). Biarkan KNKT yang melakukan investigasi untuk itu," jelas Bambang S Ervan ketika dikonfirmasi mengapa Air Traffic Control (ATC) mengizinkan turun pesawat itu ke ketinggian 6 ribu kaki.

Dari Basarnas, humas Basarnas Gagah Prakoso mengatakan hal itu merupakan inisiatif pilot. Belum diketahui apakah langkah itu ditempuh karena cuaca buruk atau faktor lain. Saat pilot meminta izin, ATC belum memberi jawaban.

"Belum sempat dijawab, tapi sudah hilang kontak," ungkapnya.

Perwakilan PT Trimarga Rekatama mengatakan, Sukhoi hendak mengambil ketinggian dengan turun di 6 ribu kaki. Namun menjadi tanda tanya, ketinggian di Gunung Salak sekitar 7 ribu kaki. Apa tidak takut menabrak?

"Saya juga heran kenapa diizinkan," kata Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama.

Misteri soal apakah pesawat tersebut diizinkan turun atau tidak ini yang perlu diketahui. Lagi-lagi, tugas KNKT untuk menginvestigasinya.

Sinyal Darurat Tidak Terdeteksi

Pesawat SSJ-100 ini saat hilang kontak, tidak mengirimkan sinyal darurat, yang dikenal dengan Emergency Locator Transmitter (ELT), yang langsung memancarkan sinyal dalam keadaan darurat.

Hal tidak adanya sinyal darurat ini disampaikan oleh humas Basarnas, Gagah Prakoso. Tak hanya ATC Halim, tapi Singapura dan Australia tak mendeteksi sinyal yang biasa dipakai saat pesawat ada gangguan itu.

"Tidak ada sinyal yang kami terima. Singapura dan Australia juga tidak," kata Kepala Humas Basarnas Gagah Prakoso di Terminal Kedatangan Halim Perdanakusumah, Kamis (10/5/2012).

Gagah menyebutkan, jika pesawat mengalami gangguan, maka emergency signal akan dikirim ke Air Traffic Control (ATC) terdekat. Dalam kasus ini, biasanya Singapura dan Australia juga bisa mendeteksi.

"Tapi ini tidak ada. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu KNKT," jelasnya.

Padahal spesifikasi pesawat dari situs Sukhoi, SSJ-100 ini dilengkapi pendeteksi kegagalan sistem. Termasuk dilengkapi Traffic Collision Avoidance System (TCAS) generasi kedua alias sistem yang bisa mendeteksi bila pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek lain. Sistem avionik SSJ 100 memiliki keunggulan keselamatan penerbangan dan kehandalan yang tinggi.

Sinyal HP Masih Menyala

SSJ-100 diberitakan hilang kontak denan ATC Cengkareng pada pukul 14.33 WIB. Namun, telepon seluler alias HP 2 wartawan majalah Angkasa, Didi Yusuf dan Dodi Aviantara, masih aktif saat dihubungi pukul 17.00 WIB. Tapi keduanya tidak mengangkat telepon.

"Benar, kami sudah cek. Keduanya ada dalam manifes," ujar editor majalah Angkasa, Dudi Sudibyo, ketika dihubungi detikcom, Rabu (9/5/2012).

Dudi mengatakan pihak Angkasa telah mencoba berkali-kali menghubungi kedua jurnalisnya, namun tidak ada jawaban dari mereka. "Terakhir kami coba pukul 17.00 WIB kami kontak, nadanya masuk. Tapi tidak ada jawaban," jelasnya.

Nah, apakah sinyal HP yang masih menyala ini juga mempengaruhi penerbangan itu?

Kunci semuanya, ada pada black box atau kotak hitam yang berada dalam badan pesawat, apakah karena human error atau faktor cuaca? Black box inilah yang merekam percakapan pilot-ATC pada Cockpit Voice Recorder (CVR) dan data-data penerbangan dalam Flight Data Recorder (FDR).

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan juga sudah meminta rekaman percakapan pilot-ATC yang dimiliki ATC untuk keperluan investigasi. Tentunya, rekaman confidential, tak bisa diketahui publik selama investigasi KNKT dilakukan.

Hal ini karena pernah ada kasus, data percakapan pilot-ATC dalam rekaman kotak hitam beredar dalam kasus jatuhnya AdamAir KI 574 yang jatuh di Majene, Sulbar pada 2008 lalu sebelum KNKT merilis hasil investigasinya.

Panjang memang investigasi yang dilakukan KNKT hingga akhirnya bisa dibuka ke publik, berbilang bulan bahkan tahun. AdamAir KI 574 yang jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat pada 1 Januari 2007 baru bisa ditemukan kotak hitamnya pada 28 Agustus 2007. Hasil investigasi itu kemudian diumumkan Maret 2008.

Kecelakaan pesawat Merpati berjenis MA-60 di Kaimana, Papua pada Mei 2011 baru dirilis hasilnya pada Mei 2012 lalu. Jadi, mari menunggu hasil investigasi KNKT.
sumber

10 Fakta Menarik Untuk Wawasan Anda

Fakta adalah kekuatan hidup situs ini.Bahkan kami telah memperbanyak kategori untuk mendedikasikan tentang ini. Dalam daftar kali ini kita melihat sepuluh fakta baru yang belum pernah ditampilkan disini sebelumnya - fakta yang akan membantu kita untuk tampak jauh lebih cerdas di depan teman-teman kita ketika kita ngobrol bareng sambil santai di kafe atau di tempat hang out.

9. Tin Foil vs Aluminium Foil
Pertama-tama, hampir tidak ada yang benar - benar menggunakan kertas timah hari ini. Hal-hal yang kita semua sebut "tin foil / kertas timah" sebenarnya aluminium foil. Dulu kertas mengkilap ini (tin foil) terbuat dari timah. Itu lebih berat dari aluminium foil modern, yang memiliki manfaat tetapi tidak cukup untuk kuat berperan di dapur .
Aluminium foil mulai menjadi kertas setelah Perang Dunia II tapi sudah tersedia sejak 1910 ketika pertama kali diproduksi oleh "Dr Lauber, Neher & Cie.” sebuah perusahaan Swiss yang menggunakan kekuatan air terjun untuk menjalankan mesin pengolahan timah.Penggunaan pertama di Amerika Serikat adalah sebagai pembungkus permen Life Savers pada tahun 1913.

 Fakta menarik: Tin foil /kertas timah digunakan untuk mengisi rongga dalam tambalan gigi sebelum abad ke-20.

8. Dimana Emas Terbanyak Disimpan ? 


 Banyak orang beranggapan bahwa sebagian besar cadangan emas yang ada disimpan di Knox Fort Amerika Serikat . Sebenarnya, tidak. Pada kenyataannya, sebagian besar emas di Amerika Serikat disimpan di Federal Reserve Vault di Wall Street, New York. Fakta lain yang menarik adalah bahwa sebagian besar emas yang bahkan bukan milik AS - itu milik orang penduduk non-AS !

Fakta menarik: Nilai emas terus berubah - tapi sebenarnya tidak. Emas tidak berubah - kitalah yang berubah.

7. Lenyapnya 130 Anak Di Sebuah Kota Kecil 


"Prosesi panjang [seorang anak] segera meninggalkan kota dan berjalan melalui hutan sampai mencapai kaki gunung besar. Ketika piper datang ke batu gelap, ia memainkan pipa lebih keras dan pintu besar berderit terbuka. Selain berbaring gua. Dalam beriringan anak-anak di belakang piper pied, dan ketika anak terakhir telah pergi ke dalam kegelapan, pintu berderit menutup .'
Ini adalah kutipan dari versi Grimm brothers dari cerita yang sangat terkenal "Pied Piper" saat di kota kecil Hamelin di Jerman , di mana di kota ini kehilangan semua anak-anak kecil mereka oleh Piper saat walikota menolak untuk membayarnya untuk membersihkan kota dari tikus.
Anda mungkin sangat terkejut mengetahui bahwa itu adalah kisah nyata! Setidaknya sebagian besar benar terjadi.
Berikut adalah kutipan dari dinding "Rumah Piper" di Hamelin
hari ini: "Pada tahun 1284, pada hari Santo Yohanes dan Paulus, 26 Juni, 130 anak yang lahir di Hamelin yang tergoda oleh piper, berpakaian dalam semua jenis warna, dan hilang di dekat Kalvari Koppen . "
Banyak teori untuk peristiwa faktual hari itu tapi yang paling logis tampaknya bahwa piper mewakili kematian (kematian digambarkan sebagai kerangka mengenakan pakaian apel di abad pertengahan) dan bahwa anak yang meninggal dibunuh oleh wabah.

Fakta menarik: “Pied” berarti "Memiliki dua atau lebih warna" berasal dari bahasa Inggris lama dan diambil dari kata “magpie.”, piper pied adalah seorang pria yang mengenakan pakaian dengan banyak warna.

6. Sperma Tidak Dikeluarkan Bisa Berbahaya ?


Penis manusia tidak mengandung tulang - itu menjadi ereksi dengan mengisi bahan seperti spons di penis dengan darah. Meskipun demikian, adalah mungkin (dalam arti) untuk merusakkan bagian penting ini dari tubuh Anda. Pukulan mendadak pada penis atau beturan benda runcing dapat mematahkan jaringan fibrosa yang berisi bahan spons (disebut corpora cavernosum).
Sayangnya (dan agak memalukan bagi banyak pria setiap tahun) ini memerlukan perawatan di ruang gawat darurat untuk dilakukan pembedahan demi memperbaiki penis yang rusak. Jika tidak dibetulkan, maka bisa menyebabkan seorang pria tidak dapat ereksi

Fakta menarik: Berlawanan dengan kepercayaan populer, pria tidak perlu masturbasi atau berhubungan seks secara teratur untuk mencegah Kelebihan sperma yang ada di testis mereka karena secara alami, tubuh bisa membuangnya ke dalam aliran urin.

5. Ghandi Cinta Damai ? 


Gandhi tidak selalu menjadi orang yang cinta damai seperti yang dikenal banyak orang - sebenarnya, dia tidak pernah seorang pasifis murni karena dia mengizinkan kekerasan sebagai jalan terakhir. Pada abad pertengahan, dia menawarkan diri untuk bertarung di tiga perang: Perang Boer, Perang Zulu, dan Perang Dunia I. Selanjutnya, setelah terjadi bentrokan antara sekelompok umat Muslim dan penganut Hindu dia menyetujui agar pemerintah untuk menembak 10 umat Islam untuk setiap 1 penganut Hindu yang tewas . Dalam pernyataan yang terkenal tentang kemerdekaan, Gandhi mengatakan: "Jika peperangan tidak bisa dihindari saya harapkan setiap anak negeri untuk berkontribusi di dalamnya ... saya tidak akan bergeming untuk mengorbankan sejuta nyawa demi kemerdekaan India." [ Sumber ]

Fakta Menarik: Selama perjuangan kemerdekaan, dia tidak mengenakan apa-apa kecuali kain di pinggang, tetapi selama bertahun-tahun dia tinggal di London dia memakai topi sutra dan membawa tongkat (seperti terlihat di atas).

4. Menu Daging Anjing Mentah 


Korea Selatan terkenal dengan konsumsi daging anjing - tetapi apakah Anda tahu bahwa itu adalah makanan pokok populer di banyak negara lain (dan tidak hanya di Asia!). Daging anjing secara teratur dikonsumsi di Cina, Vietnam, Nigeria, Tonga, Jepang, Taiwan, India, dan mungkin yang paling mengejutkan di Swiss.
Di Swiss, gedรถrrtes Hundefleisch adalah hidangan irisan sangat tipis dari anjing dan Hundeschinken yang diasinkan dalam keadaan mentah. Dua kanton memiliki hidangan khusus tertentu sosis anjing .
Sebenarnya ilegal untuk komersial menghasilkan makanan dari anjing untuk konsumsi manusia, tetapi tidak ilegal untuk memproduksi untuk dikonsumsi sendiri.

3. Mitos Tentang Kusta 
 

Berlawanan dengan kepercayaan populer, kusta tidak menyebabkan daging busuk atau hilangnya anggota badan. penyakit kusta(sekarang disebut penyakit Hansen - dinamakan demikian setelah Gerhard Hansen dokter Norwegia yang menemukan bakteri kusta) yang menyebabkan kerusakan ujung saraf dan efek di kulit. Karena dalam perasaan mati rasa akibat kusta, penderita bisa tidak menyadari ketika dia mulai merusak tubuhnya sendiri dengan sengaja. Inilah bahaya yang sebenarnya dari penyakit kusta, kecelakaan yang dapat menyebabkan infeksi dan, akibatnya, kehilangan anggota badan. Kusta telah diobati sejak 1930 tapi sampai hari ini masih ada koloni penderita kusta di beberapa negara seperti India, Jepang, dan Cina.
Fakta menarik: Armadillos juga membawa kusta dan bisa mengirimkan ke manusia. 95% manusia secara alami kebal terhadap penyakit, dan 5% sisanya - jika terinfeksi - dapat dengan mudah dan berhasil sembuh dari itu.

2. Efek Minum Alkohol Saat Mengkonsumsi Pil


Dengan munculnya antibiotik untuk mengobati penyakit menular seksual ,maka dokter sering memberikan nasihat: jangan minum - minuman berakohol saat minum pil.
Alasan yang diberikan untuk ini adalah (dan masih) bahwa hal itu akan menghentikan kerja obat.
Hal ini, pada kenyataannya tidak benar. Kebanyakan antibiotik tidak terganggu dengan cara apapun oleh konsumsi alkohol, meskipun kadang dapat menyebabkan sakit perut (tergantung jenisnya). Bahkan, hanya 5 dari 100 lebih jenis antibiotik benar-benar memiliki efek buruk jika diminum dengan alkohol.
Alasan sebenarnya untuk memberitahu orang-orang untuk tidak minum adalah bahwa orang yang menderita PMS kemungkinan besar akan melakukan hubungan seks ketika mabuk.
Menghentikan mereka minum untuk jangka waktu singkat sering akan membantu untuk mencegah mereka dari penyebaran penyakit mereka sebelum orang lain tertular.

Fakta menarik: Karena biaya tinggi yang digunakan (dan profit kurang) sangat sedikit penelitian dilakukan hari ini di bidang antibiotik. Setelah 9 tahun sejak bentuk baru dari antibiotik telah dikembangkan.

1. Daging Stik Mengandung Darah . 


Darah Anda lihat di steak besar atau sedang sebenarnya bukan benar-benar darah ( daging waktu tiba di sebuah restoran untuk memasak sebagian besar darah telah dihilangkan ).
Warna merah yang Anda lihat sebenarnya adalah air dan protein yang disebut mioglobin. Adalah jumlah mioglobin dalam daging yang menentukan apakah warna daging itu putih atau merah - kurangnya kadar mioglobin menyebabkan berat daging lebih ringan.
Perubahan kimia dalam mioglobin dari waktu ke waktu adalah apa yang menyebabkan daging berwarna merah hingga gelap pada steak yang berumur lebih lama.

Fakta menarik: Kepiting memiliki darah biru, cacing dan lintah memiliki darah hijau, dan bintang laut memiliki darah bening atau kuning. Juga, manusia tidak memiliki darah biru - darah manusia selalu merah (meskipun tingkat kegelapan bervariasi). Warna pembuluh Vena adalah biru karena interaksi cahaya pada kulit kita dan kedalaman pembuluh darah.

10 Batu Raksasa Anti Gravitasi

Batu Keseimbangan / Batu Anti Grafitasi(balancing rock) adalah formasi geologi alami yang menampilkan sebuah batu besar, kadang-kadang seukuran rumah atau lebih, yang berada di atas batu lain yang lebih kecil, atau dalam posisi seakan-akan batu tersebut akan menggelinding jatuh, (posisi yang terlihat seperti batu itu melawan grafitasi).

Namun pada kenyataannya batu tersebut mempunyai posisi seimbang mirip pemain akrobat yang berjalan di atas tali. Pada kenyataannya, batuan ini hanya tampaknya balancing tetapi sebenarnya tegas terhubung ke batuan dasar dengan alas atau batang.
Dan sebagian besar batu keseimbangan (Balancing Rock) ini ternyata menyatu dengan batu yang berada di bawahnya. Dan berikut ini adalah 10 batu keseimbangan (Balancing Rock)yang paling dikenal di seluruh dunia  

10. Balancing Rock, Utah 



batu keseimbangan (Balancing Rock) adalah salah satu fitur yang paling populer dari Taman Nasional Arches, di Utah, Amerika Serikat. batu ini terletak di sebelah jalan utama di taman nasional, sekitar 9 mil dari pintu masuk taman. Tinggi total dari batu keseimbangan (Balancing Rock) sekitar 39 m, dengan batu balancing naik 16,75 m di atas dasar.Batu besar di atas adalah seukuran 3 bus sekolah. Sampai saat ini, batu keseimbangan (Balancing Rock)memiliki pendamping - batu seimbang serupa, tetapi jauh lebih kecil bernama "Chip Off The Old Block", yang jatuh selama musim dingin tahun 1975/1976.  

9. Balanced Rock, Colorado 




Batu karang ini seimbang terletak di Garden of the Gods di Colorado Springs, Colorado. Letaknya mudah diakses oleh jalan beraspal dan merupakan tempat yang populer untuk fotografi wisata.  

8. Balancing Rock, Digby, Nova Scotia 



Batu keseimbangan (Balancing Rock) di Mary's Bay, Long Island, Nova Scotia tampaknya terlihat menentang gravitasi yang berdiri dari dasar akhir di tepi batu karang di bawah ini. Mempunyai tinggi 9 meter dari batu terpasang oleh dua bagian kecil dengan kesenjangan antara yang Anda bisa lihat tembus.  

7. Idol Rock, Brimham Moor  



Banyak formasi batuan misterius tersebar di 50 hektar di Brimham Moor. Salah satunya adalah Idol Rock, Brimham Moor seimbang di atas sebuah batu kecil. Batu-batu ini terkikis oleh air, glasiasi dan angin, sehingga mengambil bentuk yang menakjubkan. Banyak formasi menunjukkan banyak jejak, termasuk gajah, kuda nil, beruang, dan jamur.

6. Batu Jamur, Kansas



Batu Jamur (Mushroom Rock) State Park, yang terletak di daerah Hills Smoky dari Kansas, terkenal karena formasi batu yang mirip jamur. Batuan ini terbentuk melalui proses erosi seragam dan pelapukan di mana massa keras dari Pasir besi Dakota menolak erosi sedangkan batu yang lebih lembut mendasari cuaca, membentuk bentuk "jamur" . Ada dua jamur dan batu sepatu raksasa, serta berbagai formasi batuan lainnya di taman.  

5. Chiremba Balancing Rocks, Zimbabwe 




Chiremba Balancing Rocks terletak 13 km sebelah tenggara dari Harare di Epworth. Meskipun batu aneh ini bisa ditemukan di hampir seluruh Zimbabwe,tapi yang satu ini menjadi terkenal setelah ditampilkan dalam mata uang Zimbabwe . Chiremba Balancing Rocks telah digunakan sebagai tema metafora untuk menjelaskan pentingnya pembangunan ditambah dengan melestarikan lingkungan yang rapuh di Zimbabwe yang mirip dengan yang ada pada Balancing Rocks ditemukan di Epworth, Matopos dan di daerah lain.
 4. Mexican Hat (Topi Meksiko), Utah 
 
Formasi Batu Mexican Hat terletak di Highway 163, 24 km sebelah barat dari Bluff, di Utah. Nama "Mexican Hat" berasal dari sebuah rasa ingin tahu dari bentuk sombrero , yang mempunyai lebar sekitar 30 meter 60-kaki dan tebal 4 m di ujung timur laut kota.  

3. Devils Marbles (Kelereng Setan), Australia 



Devils Marbles adalah satu diantara bebatuan Australia paling terkenal, terletak di sebelah selatan Creek Tennant dari Northern Territory. Batu Kelereng Setan ini Ini, besar berwarna merah, batu-batu granit bulat bervariasi dalam ukuran, dari 50 cm hingga enam meter, dan batu - batu ini berserakan di area yang luas. Banyak dari mereka yang mempunyai posisi tampak mustahil seimbang di atas satu sama lain.  

2. Kjeragbolten, Norwegia



Kjeragbolten adalah baatu berukuran 5 meter kubik batu terjepit di sebuah jurang di pinggir gunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. Blok batu tersangkut di ketinggian 984 meter di atas jurang yang dalam. Meskipun penampilannya mengesankan,lokasi batu ini mudah diakses dengan berjalan kaki tanpa peralatan khusus. Seluruh gunung Kjerag merupakan daerah mendaki populer, dan Kjeragbolten adalah tempat favorit untuk mengambil foto.  

1. Golden Rock, Burma 



 Golden Rock(Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo), bertengger di atas tebing dekat Yangon, adalah salah satu situs paling suci di Birma. Menurut legenda,Golden Rock (Batu Emas) menggelinding sendiri dan bertengger di sehelai rambut Buddha. Batu itu sangat terlihat seperti melawan gravitasi, karena tampak berada di ambang bergulir menuruni bukit. Di bagian atas batu itu dibangun sebuah pagoda kecil dan ditutupi dengan daun emas yang disisipkan oleh pemujanya. Sekilas tentang Rock "menantang gravitasi" Golden diyakini cukup inspirasi bagi setiap orang untuk beralih ke Buddhisme.